Senin, 29 Oktober 2012

Tinjauan Proses Bisnis



Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu.Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan.Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut;apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru.Setiap hari,seluruh not yang dibatalkan akan dikembalikan ke manager.Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?..

Sebenarnya kasus tersebut tidak begitu bagus karna dapat terjadi kecurangan.Bisa saja manager tersebut akan mengganti nama pihak yang menerima pembayaran dan menguangkan cek tersebut.Sebelum terjadi hal demikian,ada baiknya kita melakukan pemisahan tugas yang memadai.Tujuan dari pemisahan tugas adalah mencegah seorang pegawai memiliki pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis.Pemisahan tugas yang efektif akan mempersulit seorang pegawai untuk dapat mencuri uang tunai atau aset lainnya.

Sumber : Sistem Informasi Akuntansi, Marshal B.Romney “Pemisahan Tugas” hal 43.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar